Pemberian Vaksin Ayam bangkok

Tips Pemberian Vaksin Ayam Bangkok

Tips Pemberian Vaksin Ayam Bangkok, dalam pemberian Vaksin Ayam Bangkok, ayam bangkok aduan sebaiknya diberi faksin secara berkala setiap 4 – 6 bulan sekali untuk ayam dewasa.  Jika sudah ada yang terserang NCD biasanya di beri faksin ND warnanya seperti susu agak bening dan harus di simpan pada suhu rendah agar organismenya berfungsi dengan baik, tetapi ada juga yang berwarna bening.

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang unggas dan setiap penyakit mempunyai vaksin sendiri. Pemberian vaksin sebaiknya berumur 7 hari atau 1 minggu dan dilakukan secara berkala dan sesuai dengan dosisnya. Vaksin adalah bibit penyakit yang sudah dilemahkan dan disuntikkan kepada tubuh unggas atau ayam dengan dosis tertentu cara periodik.

Pemberian vaksin yang di berikan tidak secara berkala dan tidak sesuai dengan dosis anjuran akan berdampak kurang baik terhadap ayam bangkok tersebut, bahkan vaksin tersebut akan bekerja sebaiknya menjadi toksin atau racun.

Pemberian vaksin diberikan secara berkala dan sesuai dengan dosis tujuannya adalah agar anti body pada ayam bekerja dengan baik dan maksimal membasmi bibit penyakit sesuai dengan jenis vaksin yang di berikan.

Cara kerja vaksin sendiri bermacam-macam, yang bekerja secara menyeluruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam bangkok kita terhadap berbagai penyakit dan hanya untuk jenis penyakit tertentu. Misalnya NCD untuk menghindari jenis penyakit ini maka diberikan vaksin ND. Ada juga vaksin anti ngorok /flu dan lain-lain, Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan pada kondisi yang aman misalnya , ayam dalam kondisi sehat, kadang dalam kondisi bersih dan tidak ada ayam yang tersendak penyakit.

Jika dalam peternakan terdapat ayam yang terserang  NCD, segera dikubur atau di bakar dan kandangnya di sterilkan, untuk sementara  waktu jangan digunakan, bakteri jenis ini dapat bertahan danlam induk inangnya seumur hidup apabila yang terserang bisa sembuh. Bakteri ini bisa bertahan sampai umur 10 tahun dalam kondisi lembab.

Yang perlu diperhatikan oleh para pencinta Ayam Bangkok adalah jangan sekali-kali memberikan vaksin kepada ayam jika kondisi ayam tidak fit karena vaksin yang akan kita masukkan kepada ayam bangkok adalah penyakit yang dilemahkan.

Jadi jika anda tetap mencoba melakukan pemberian vaksin kepada ayam maka resiko yang muncul adalah vaksin tersebut tidak bekerja dengan baik  dan mungkin berdampak sebaliknya .
Yang kedua yang harus dihindari adalah jangan memberi vaksin kepada   ayam bangkok dengan mencampur atau mengkombinasi jenis -jenis vaksin yangdapat mengakibatkan ayam bangkok anda mengalamai kematian.

Baca Juga :