10 Bentuk kaki Ayam Berkualitas Jika Di Lihat Primbon

10 Bentuk kaki Ayam Berkualitas

10 Bentuk kaki Ayam Berkualitas, secara fisik,bagian kaki ayam merupakan faktor penting dalam menentukan kelayakan ayam untuk di jadikan ayam aduan. Jika ayam memiliki kaki lemah,jangan harap ayam bangkok anda menjadi juara, ayam aduan sangat mengandalkan kakiinya untuk menjatuhkan lawan.

Bentuk dan ukuran kaki ayam aduan jukup beragam.ada yang bulat dan persegi, blimbing dengan ukuran kecil atau besar.salah satu peternak ayam aduan di bangkok menilai kaki yang kecil lebih cepat dan pukulanya lebih sakit.Untuk menentukan pilihan bentuk kaki yang baik,anda membutuhkan pengalaman yang cukup tinggi dalam menilai karakter ayam.

Dahulu, para pencinta ayam laga di indonesia lebih munyukai ayam yang memiliki kaki blimbing karena memiliki pukulan yang berat, namun,berdasarkan pengamatan peternak ayam di bangkok, kaki ayam yang berbentuk bulat yang diameternya lebih kecil memiliki pukulan yang lebih sakit.

Dalam ayam aduan,pukulan yang berat belum tentu menyakitkan sehingga,meskipun menerima pukulan bertubi-tubi,lawan tidak akan menyerah.berbeda dengan ayam yang berkaki kecil,pukulan sangat menyakitkan sehingga akan lebih mudah membuat lawan menyerah dan tak berdaya.

Dalam memilih ayam, kita juga harus melihat dari bentuk sisiknya. Sisik yang baik,sangat penting saat ayam bertarung melawan musuhnya.

Berikut ini beberapa istilah ayam petarung berdasarkan sisik kakinya menurut primbon jawa.

  1. Tanjung Karang.sisik kaki jari belakang kiri dan kanan pecah atau belah.menandakan pukulan ayam ini dapat membuat musuh kebingungan.
  2. Naga Mangsa. Sisik melingkar seperti gelang kalau orang jawa menyebutnya sisik ubed. Kelebihan ayam ini adalah,musuh yang menerima pukulan ayam ini akan menyerah karena pukulanya sangat menyakitkan.
  3. Naga Temurun. Sisik kaki belakang menghadap kebawah.menandakan pukulan ayam sangat dalam hingga meremukan lawan.
  4. Naga Banda. Sisik kaki menyerupai kulit salak.menandakan pukulan ayam cukup mematikan sehingga lawan menjadi lari tunggang langgang.
  5. Tunggak Winarayan. Sisik jari belakang(kelingking)di bagian kanan dan kiri pecah. menandakan pukulan ayam membuat lawan ketakutan.
  6. Batu Karang. Sisik di seluruh jari kaki ayam pecah.menandakan pukulan ayam dapat membutakan mata lawan.
  7. Batu Lapak. Bagian bawah telapak kaki terdapat sisik di bagian tengah.menandakan pukulan ayam dapat mengakibatkan musuh lemas dan kehilangan tenaga.
  8. Batu Rantai. Bagian Bawah jari kaki terdapat sisik.menandakan pukulan ayam pedas dan sangat menyakitkan.
  9. Putri Kinurung. Pada kaki ayam yang memiliki sisik ubed terdapat sisik yang menyelip atau keluar di bagian sisik utama(sisik melik).ayam ini pukulanya mengakibatkan lawan sempoyongan dan tidak seimbang,seperti mabuk.
  10. Satriya sinekti. Kaki mulus tanpa sisik, menandakan Ayam selalu unggul dan selalu menang.

Artikel yang Terkait ;

 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *