Melatih Pukulan Ayam Aduan Menjadi Lebih Keras Dan Bertenaga

Melatih Pukulan Ayam Aduan Menjadi Lebih Keras Dan Bertenaga

Cara Melatih Pukulan Ayam Menjadi Lebih Keras Dan Bertenaga –  merupakan syarat ayam aduan menjadi juara dengan Ayam aduan yang memiliki tenaga yang tidak ada habisnya akan melontarkan pukulan dengan bobot pukulan yang stabil dari awal ronde sampai akhir.

Dalam hal ini, Ayam aduan yang kehabisan tenaga dikarenakan otot tidak mampu bekerja secara maksimal hal itu dikarenakan sumber energi pada ayam telah habis. Baik akibat kesalahan dalam perawatan disaat sebelum ayam bertarung maupun ayam sehabis latihan berat. Oleh karena itu persiapan sebelum ayam diturunkan kearena bisa menjadi penentu dari sebuah pertandingan diarena.

Untuk menambah power dan meningkatkan bobot pukulan yang stabil, hendaknya ayam sebelum bertarung mendapatkan asupan gizi yang seimbang antara karbohidrat, dan lemak. Karena pada awal pertarungan ayam memperoleh energi dari karbohidrat dan lemak bersamaan dalam jumlah yang sama.

Apabila aktivitas otot bekerja sangat berat, sumber energi utamanya adalah karbohidrat namun, setelah ayam bekerja lebih lama, lemak akan memegang peranan penting dari pada karbohidrat oleh karena itu cadangan lemak dalam tubuh ayam aduan digunakan untuk aktivitas pertahanan dalam bertarung. Adapun cara menambah power dan bobot pukulan ayam supaya mendapatkan tenaga yang cukup adalah sebagai berikut:

Sebelum ayam bertanding persiapkan dulu selama 8hari/satu minggu dengan diawali latihan yang banyak menguras tenaga namun tidak menimbulkan cidera/luka dan setelah itu berilah makanan yang banyak mengandung tinggi protein, tinggi lemak namun rendah karbo hidrat. Adapun jenis makanannya bisa berupa:

Daging, Ikan,atau susu. Namun yang terbaik untuk ayam adalah daging/daging kambing yang bisa diberikan secara mentah/bisa direbus dulu. Makanan daging tersebut bisa diberikan selama 2hari berturut turut. Kemudian dilanjutkan pemberian dari jenis makanan yang mengandung tinggi karbohidrat bisa berupa jagung yang diberikan berturut-turut selama 2hari dan lakukanlah latihan yang sangat ringan dan setelah itu ayam diistirahatkan total selama 3hari baru ayam dibawa ke arena.

Selain pemberian jenis makanan seperti diatas, bisa anda berikan glukosa/gula aren bisa juga madu yang berfungsi sebagai sumber energi apabila glikogen tubuh telah habis.Dalam rangka ingin menambah bobot pukulan juga bisa dilakukan dengan pelatihan fisik, cara melatih pukulan ayam aduan agar lebih keras dan bertenaga diantaranya adalah :

  • Ayam dilatih melompat lompat,fungsi dari teknik ini adalah membuat kekuatan kaki ayam jadi lebih kuat. Ayam yang kakinya kuat akan membuat pukulanya jadi kuat pula. Selain itu,melatih lompatan ayam akan membuat kebugaran tubuh lebih meningkat.
  • Ayam di biarkan bergerak bebas,atau istilahnya ayam diumbar di tempat yang luas. Usahakan ayam bergerak dengan leluasa dan bebas. Teknik ini berfungsi untuk membuat kekuatan tubuh ayam menjadi lebih meningkat dan tentunya stamina ayam menjadi lebih greng.
  • Ayam diberi barbel,fungsi dari teknik ini adalah agar kekuatan otot otot kaki ayam menjadi lebih kuat.
  • Ayam dilatih berenang  memang berenang ini berfungsi untuk membuat gerakan kaki ayam menjadi lebih gesit.

Semasa ayam tahap latihan yang bertujuan untuk memperbesar otot-otot ayam tersebut supaya memiliki bobot pukulan yang mantap namun apabila ayam sudah dalam masa persiapan, rawatlah rawatlah ayam secara teratur dan berikanlah makanan yang dibutuhkan dengan memperhatikan nilai gizi yang tepat.

Pemberian gizi pada ayam aduan dalam aktivitas latihan atau bertarung merupakan sesuatu yang harus dilakukan apabila ayam aduan ingin memperoleh perkembangan fisik secara maksimal untuk meraih prestasi.

Baca Juga :