Tips Kandang Ternak Ayam Bangkok

Tips Kandang Ternak Ayam Bangkok

Tips Kandang Ternak Ayam Bangkok penting bagi para  peternak ayam bangkok dimana sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, hampir di seluruh pelosok indonesia ini terdapat juragan-juragan baru ayam bangkok,baik ternak ataupun hanya sekedar hobi. Bagi anda para peternak ayam bangkok, sebelum ternak kita mulai, akan labih bagus jika memiliki kandang serta lokasi yang paling tepat, dan akan lebih baik jika lokasi ternak di daerah sekitar rumah. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah agar ayam yang kita bangkok yang kita pelihara tidak mudah untuk dicuri dan di jual oleh orangyangtidak bertanggung jawab.

Hal yang perlu anda perlu perhatikan saat membuat kandang ayam bangkok adalah lokasi, dimana lokasi yang dan strategis akan menentukan ternak yang berprospek bagus. Atau sebaliknya jika kita salah memilih lokasi yang baik akibatnya kita punya ayam bangkok dapat beriso tidak baik.

Beberapa lokasi yang pas dan tepat untuk memulai ternak ayam bangkok ada beberapa kriteria sebagai berikut.

1. Pilihlah tempat yang sepi dan jauh dari kebisingan suara kendaraan bermotor dan keramaian manusia.

2. Pilih lokasi yang mudah kita jangkau,misal dari segi transportasi,sumber air serta bahan pakan yang Mudah untuk di jangkau.

3. Akan lebih bagus dan cocok,jika kandang ayam bangkok Tidak berada di tempat yang memiliki sistem tanah labil.

Selain pemilihan lokasi yang paling strategis di atas.Dalam membuat kandang ternak ayam bangkok,juga wajib di perhatikan beberapa hal yang di antara lain adalah sebagai berikut.

  • Bahan kandang yang kita gunakan akan lebih bagus jika bahan memiliki umur panjang,misal dari kayu broti kuat,bukan dari bambu dll.
  • Ukuran bentuk kandang yang akan kita buat,sesuaikan dengan lokasi serta rencana awal sebelum membuatnya,misal kandang berupa ren,postal dan umbaran..
  • Bahan serta peralatan kandang yang kita gunakan lebih baik simpel,praktis dan ekonomis dari segi harga.
  • Perhatikan samping kiri kandang,akan lebih bagus jika kandang kita berikan Pager untuk menghindari binatang liar dan orang yang  berniat mencuri ayam kita.
  • Sistem sirkulasi udara cukup teratur dan bagus sehingga ayam tidak akan mudah sakit.
  • Kandang umbaran dan kandang ayam jantan,sebaiknya jangan berdekatan dengan kandang induk bertelur.

Namun,biasanya banyak peternak ayam bangkok yang menggunakan kandang bentuk REN untuk ternak ayam bangkok. Selain mudah dalam melakukan perawatan, ayam juga semakin nyaman dan mampu bergerak dengan leluasa. Ayam akan bebas bergerak dan tidak ada batasan dalam setiap aktifitas ayam bangkok. type kandang ini sangat baik dan bagus, untuk lebih mudah dalam pengawasan dianjurkan agar antara kandang dengan peternak ayam tidak berjauhan sehingga mudah untuk mengontrol setiap atifitas aayam bangkok tersebut.