Tips Memudahkan Menumbuhkan Bulu Ayam dan Cara Merontokan

Tips Memudahkan Menumbuhkan Bulu Ayam dan Cara Merontokan

Tips Memudahkan Menumbuhkan Bulu Ayam dan Cara Merontokan – Pada bulu ayam aduan, merupakan suatu hal yang tidak sedikit  dilakukan oleh para penghobby ayam khususnya penghobby ayam aduan dalam melakukan perontokan Bulu Ayam. Hal ini disebabkan oleh merontoknya bulu ayam yang akan memberikan penampakan bulu ayam mengurangi penampilan yang tidak sama baik dalam segi tampangnya atau kinerjanya. Ayam yang mempunyai bulu ayam akan lebih sempurna dalam performa yang lebih bagus di bandingkan dengan ayam yang memiliki bulu ayam yang tidak sempurna atau rusak.

Ada dua argumen untuk merontokan bulu ayam yang merupakan cara untuk merontokkan bulu ayam, dengan cara merontokkan bulu ayam ayam yang sedang mabung atau dalam bahasa jawa dinamakan bodol dan dengan merontokkan bulu ayam yang belum saatnya mabung dengan maksud memperbaiki penampakan bahkan mampu merubah penampilan agar ayam seperti ayam masih baru.

Bagi bulu -bulu ayam yang masih muda seandainya ada sayap yang rusak atau patah sebaiknya jangan sampai di cabut dikarenakan hal tersebut akan memperlabat proses pertumbuhan bulu lantaran bulu sayap dapat tumbuh kembali kira-kira 3-4 bulan. Dan juga dapat mengganggu aktifitas ayam bahkan dapat menciptakan ayam cukup lama beristirahat  dikarenakan kebanyakan sayap-sayap lainnya akan rontok apabila terlalu lama ayam beristirahat atau dalam periode menunggu tumbuhnya bulu dari cabutan tersebut.

Sebelum melakukan proses perontokan dan juga menumbuhkan bulu ayam tersebut butuh anda mempersiapkan terlebih dahulu sabuah sangkat yang berdiameter kuranglebih 1 meter. Terasi, ragi hingga sampai obat penumbuh bulu. Sebelum ayam di masukkan kedalam sangkar, mandikan ayam dengan menggunakan ragi (bahan yang di gunakan untuk fermentasi) sebagai syampo setelah itu dimasukkan ke dalam sangkar  yang telah anda siapkan. Usahakan tanah kondisi basah, dengan cara dibasahi terlebih dahulu tanah yang ada di dalam sangkar tadi. tujuannya sebagai area ayam untuk beristirahat, alangkah baiknya ayam dimandikan di tempat sangkar tersebut .

Keadaan ini dapat berguna untuk mempertua dan juga mempercepat proses perontokan bulu. Sesudah ayam di masukkan ke dalam sangkar jangan lupa untuk diberi makan terasi , makanan tersebut bertujuan untuk menghangatkan badan ayam maka proses perontokan dapat berlangsung dengan cepat. Sesudah itu tutup sangkat dengan rapat, sanggup menggunkana selimut atau dari bahan kain yang lain yang sekiranya mampu menghangatkan tubuh ayam pada saat malam dan juga siang hari. Jangan membuka tutup tersebut sebelum 7 hari membuka tutup hanya sedang  memberikan makan.

Sesudah tahap perontokan diatas selesai, sesudah 7 hari tempatkan ayam tersebut dalam kandang yang terlindung dari sinar matahari hingga dapat di berikan obat untuk menumbuhkan bulu dan kebanyakan orang menggunakan obat penumbuh bulu pada burung. Sesudah semua selesai dilaksanakan sekitar tempo 1 bulan bulu bulu ayam akan rontok semua dan jug sejak itu mulai berganti bulu-bulu yang baru. Adapun proses penumbuhan bulu ayam tersebut mampu berlangsung lebih cepat apabila ayam di berikan nutrisi yang memadai.
Baca Juga :